PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW LEARNED (KWL) SISWA KELAS V MI MA’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MALIHAH, AULIA UL (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW LEARNED (KWL) SISWA KELAS V MI MA’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Aulia_Revisi_Fiks-1[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi_Aulia_Revisi_Fiks-1[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahahaman siswa dengan menerapkan strategi know-want to know-learned (KWL) siswa kelas V MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Hasil belajar membaca pemahaman pada pra siklus yang berhasil tuntas hanya 6 siswa atau 38% dari total siswa 16 dengan nilai rata-rata 58. Sedangkan untuk siklus I mengalami peningkatan walaupun tidak terlalu signifikan yaitu berkisar 50% siswa yang tuntas atau sekitar 8 siswa dengan jumlah rata-rata 70.5. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus II meningkat, dimana 87.5% siswa berhasil tuntas atau sekitar 14 siswa berhasil mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70, hanya 2 siswa atau 12.5% yang tidak tuntas dalam pembelajaran ini. Dengan demikian hasil belajar yang ditempuh siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 27.5%. dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi KnowWant to Know-Learned (KWL) berhasil karena dapat mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 21:10
Last Modified: 20 Oct 2023 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item