PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

WULANDARI, ALISA (2023) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ALISA WULANDARI 23010190389.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALISA WULANDARI 23010190389.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALISA WULANDARI 23010190389.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALISA WULANDARI 23010190389.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ALISA WULANDARI 23010190389.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang tahun ajaran 2022/2023. 2) Desain pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang tahun ajaran 2022/2023. 3) Faktor pendukung pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang tahun ajaran 2022/2023. 4) Faktor penghambat pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer berupa hasil wawancara dengan bapak kepala sekolah, guru akidah akhlak, guru BK, guru PPKN, waka kesiswaan, waka kurikulum, wali kelas X IPS 1, wali kelas X IPS 2, wali kelas X IPS 3 dan 3 siswa kelas X IPS. Serta sumber data sekunder berupa dokumen dan foto kegiatan terkait pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS di MAN 2 Semarang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang berupa pembacaan asmaul husna, sholat dzuhur berjamaah, dzikir, kultum, Baca Tulis Al-Qur’an, kegiatan mingguan infak, pengajian kitab Al-Ibriz, Peringatan Hari Besar Islam. Pembinaan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang berupa mengadakan ektrakulikuler, pembelajaran berbasis e-learning, memberikan penugasan harian pada siswa, memberikan ruang diskusi mandiri, memberikan kesempatan siswa presentasi di kelas, serta melakukan evaluasi pembelajaran. 2) Desain pembinaan kedisiplinan beribadah pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang dengan pembiasaan, keteladanan, nasihat, perhatian khusus, hukuman. Desain pembinaan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang dengan pembiasaan, nasihat, keteladanan, reward dan punishment 3) Faktor pendukung dalam pembinaan kedisiplinan beribadah dan kemandirian belajar pada siswa kelas X IPS MAN 2 Semarang yaitu keteladanan guru, pemberian motivasi, dukungan orang tua, lingkungan sekolah yang mendukung, lingkungan masyarakat, sarana prasarana yang memadai 4) Faktor penghambatnya yaitu diri sendiri, latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurangnnya dukungan serta pengawasan orang tua, dan lingkungan pertemanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2023 18:25
Last Modified: 21 Oct 2023 18:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18489

Actions (login required)

View Item View Item