IMPLEMENTASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKTUALISASI DIRI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN PANCASILA KLUMPIT BLOTONGAN KOTA SALATIGA

Munhamiroh, Siti (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKTUALISASI DIRI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN PANCASILA KLUMPIT BLOTONGAN KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI MUNHAMIROH (23010190058) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SITI MUNHAMIROH (23010190058) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SITI MUNHAMIROH (23010190058) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SITI MUNHAMIROH (23010190058) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum pondok pesantren dalam membentuk aktualisasi diri pada Santri Pondok Pesantren Pancasila Klumpit Blotongan Kota Salatiga, untuk mendeskripsikan desain implementasi kurikulum pondok pesantren dalam membentuk aktualisasi diri pada Santri Pondok Pesantren Pancasila Klumpit Blotongan Kota Salatiga, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum pondok pesantren dalam membentuk aktualisasi diri santri Pondok Pesantren Pancasila Klumpit Blotongan Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah rais „aam, kabid kependidikan, ketua pondok putra, ketua pondok putri, pengurus dan santri, baik putra maupun putri Pondok Pesantren Pancasila. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Desain implementasi kurikulum pesantren salaf dalam membentuk aktualisasi diri pada santri Pondok Pesantren Pancasila Klumpit Blotongan Kota Salatiga yaitu dengan maju satu per satu setiap santri, disimak oleh guru, menyetorkan hafalan, mengaji bersama-sama, musyawarah. Selain itu terdapat ta‟zir atau hukuman, berbagai ekstrakurikuler pondok dan dampaknya bagi santri. 2. Implementasi kurikulum pondok pesantren dalam membentuk aktualisasi diri pada santri Pondok Pesantren Pancasila Klumpit Blotongan Kota Salatiga melalui beberapa metode, yaitu dengan sorogan, bandongan, mukhafadzoh, syawir, halaqoh, praktik ibadah. 3. Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum pondok pesantren dalam membentuk aktualisasi diri pada santri Pondok Pesantren Pancasila yaitu faktor internal dalam diri sendiri, sedangkan faktor eksternal, yaitu pada wali santri, guru, lingkungan, dan teman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 15:39
Last Modified: 23 Oct 2023 15:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18514

Actions (login required)

View Item View Item