Nasoha, Anwar (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIIC SMPN 2 TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI ANWAR.pdf Download (3MB) |
Abstract
ANWAR NASOHA.2017. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi kitab-kitab Allah dengan metode jigsaw pada siswa kelas VIIIc Smp Negeri 2 Tuntang, kab. Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag,.M.Pd. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Jigsaw. Pembuatan skripsi ini dilatar belakangi oleh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pembahasan tentang kitab-kitab Allah di smp negeri 2 tuntang, kab. Semarang. Hal tersebut di dasari karena guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga diperlukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa, yaitu dengan metode jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : yaitu apakah dengan metode jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam materi Kitab-Kitab Allah pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Tuntang, Kec. Tuntang, Kab. Semarang tahun pelajaran 2017/2018? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua (2) siklus dengan tiap siklusnya terdiri atas empat (4) tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tuntang, Kec. Tuntang, Kab. Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan metode jigsaw menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran meninggat sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang juga ikut meningkat setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw. Hasilnya sebagai berikut : siklus I presentasi hasil belajar siswa terdapat 9 atau 28.13 % siswa tuntas sedangkan 23 atau 71.87% siswa belum tuntas, kemudian di siklus II prosentase hasil belajar siswa terdapat 28 atau 87.50% siswa tuntas sedangkan 4 atau 12.50% siswa tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 03:31 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 03:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1853 |
Actions (login required)
View Item |