Saadah, Salis Laelatus (2023) PENDIDIKAN KETAATAN BERIBADAH DAN PATERNALISTIK SANTRI PONDOK PESANTREN AL-IHSANUL AMIN KOTA SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SALIS LAELATUS SAADAH_23010190131.pdf Download (2MB) |
|
Text
SALIS LAELATUS SAADAH_23010190131.pdf Download (2MB) |
|
Text
SALIS LAELATUS SAADAH_23010190131.pdf Download (2MB) |
|
Text
SALIS LAELATUS SAADAH_23010190131.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan ketaatan beribadah santri dan paternalistik santri Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin, Kota Salatiga tahun 2023. Dengan mendeskripsikan pendidikan ketaatan beribadah, paternalistik santri, faktor pendukung serta penghambat pada santri Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin Kota Salatiga. Pertanyaan utama yang dijawab dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pendidikan ketaatan beribadah santri pada Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin Kota Salatiga Tahun 2023 ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan ketaatan beribadah santri pada Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin Kota Salatiga Tahun 2023? (3)Bagaimana pendidikan paternalistik santri pada Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin Kota Salatiga Tahun 2023 (4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan paternalistik santri pada Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin Kota Salatiga Tahun 2023? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian ini meliputi pengasuh, pengurus santri putra dan putri, serta santri putra dan putri. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi data dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan ketaatan beribadah pada Pondok Pesantren Al-Ihsanul Amin berjalan cukup baik karena adanya ketegasan dari pengasuh. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan ketatan beribadah ini yaitu sholat berjama’ah, mengaji Al-Qur’an dan Kitab, pembacaan yasin dan tahlil dan pembacaan sholawat barjanji. (2) Faktor pendukung dari pendidikan ketaatan beribadah yaitu ketegasan pengasuh, teman, cuaca, kesabaran dan keistiqomahan pengasuh dalam mengabsen santri, niat dari diri sendiri dan adanya teguran yang dapat memotivasi santri, sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya rasa malas, teman, cuaca yang kurang mendukung, adanya game online. (3) Penerapan pendidikan paternalistik di pondok pesantren ini masih berjalan kurang baik karena di pondok ini sistemnya yaitu teguran (bukan kekerasan), namun hal ini berupa ejekan dari seorang santri yang membangun motivasi santri lainnya. (4) Faktor pendukungnya yaitu adanya kepekaan santri dan juga teman. Lalu faktor penghambatnya yaitu kepengurusan yang kurang berjalan dengan baik, adanya santri baru yang masih butuh arahan serta latar belakang santri yang berbeda-beda dan adanya teguran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 04:46 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 04:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18567 |
Actions (login required)
View Item |