PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI HIDUP TENANG MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN MEDIA KOMIK SISWA KELAS VII SMP NUSANTARA TUNTANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Ni'am, M.Miftahun (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI HIDUP TENANG MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN MEDIA KOMIK SISWA KELAS VII SMP NUSANTARA TUNTANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Miftah[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Miftah[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Miftah[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Miftah[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Ni’am, M Miftahun. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Hidup Tenang melalui Metode Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Media Komik Siswa Kelas VII SMP Nusantara Tuntang Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Cooperative Learning, NHT, Media Komik Penelitian ini berusaha mengungkapkan hasil belajar siswa dengan metode kooperatif dan media komik pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Nusantara Tuntang Kab. Semarang. Dari hal itu, rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah melalui metode Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Head Together) dan media komik pada siswa kelas VII SMP Nusantara Tuntang tahun pelajaran 2022/2023? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Nusantara Tuntang. Dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tesdan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peningkatan hasil belajar pada pra siklus, siklus I, siklus II adalah sebagai berikut, dengan jumlah siswa VII A SMP Nusantara Tuntang sejumlah 34 siswa dengan KKM penetapan sekolah yaitu 70. Pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 14 siswa (41,18%), sedangkan siswa yang belum tuntas 20 siswa (58,82%). Dengan nilai rata-rata 67,44. Pada siklus I mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 23 siswa (67,64%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 11 siswa (32,36%) dengan nilai rata-rata 74,14. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang signifikan yaitu siswa yang sudah mencapai kriteria katuntasan klasikal berjumlah 30 siswa (88,23%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa (11,77%) dengan nilai rata-rata 79,14. Penggunaan model cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan target pencapaian KKM Mata Pelajaran PAI Materi Hidup tenang pada siswa kelas VII SMP Nusantara Tuntang Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian ketuntasan minimal dari 34 siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 30 siswa (88,23%) dengan nilai rata-rata 79,14. Maka PTK ini dinyatakan berhasil (88,23% ≥ 85%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 20:11
Last Modified: 24 Oct 2023 20:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item View Item