Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Komik Strip terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII MTs N 4 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023

, Wahyu listiyana (2023) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Komik Strip terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII MTs N 4 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Listiyana 23060190112.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media komik strip terhadap hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTs N 4 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode true experimental design bentuk pretest-posttest control group design. Populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs N 4 Magelang, untuk teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel penelitian. Sebanyak 2 kelas menjadi sampel penelitian, yaitu VIII D (kontrol) dan VIII B (eksperimen). Teknik pengumpulan data penelitian melalui tes dan non tes. Instrumen bentuk soal pretest dan posttest telah diuji keabsahannya menggunakan 4 uji yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Hasil pretest dan posttest dianalisis melalui program SPSS 22.0 untuk dicari normalitas, homogenitas, dan t-test (Independent Sample T-test). Kemudian instrumen bentuk non tes yaitu angket dengan 15 butir pertanyaan untuk dijawab siswa. Hasil penelitian ini menunjukan rata - rata nilai posttest materi sistem peredaran darah manusia kelas eksperimen (84,1) > kelas kontrol (64,8). Selanjutnya untuk analisis uji-t (Independent Sample T-test) didapatkan thitung 3,680 > ttabel 2,000 untuk signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,005 sehingga disimpulkan untuk data tersebut berbeda secara signifikansi (

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2023 15:41
Last Modified: 25 Oct 2023 15:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18630

Actions (login required)

View Item View Item