ULFA, RIF'ATUL (2023) PENDIDIKAN NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH DAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI MTs. AL ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIF'ATUL ULFA 23010190467 rev.fiks.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah dan pengembangan diri siswa di MTs Al Ittihad Semowo, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan ahlussunnah wal jamaah dan pengembangan diri siswa di MTs Al Ittihad Semowo kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat induktif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data diperoleh dari triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu: 1) Pendidikan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah di MTs Al Ittihad Semowo dilaksanakan menggunakan metode pemahaman yaitu dengan diadakan pembelajaran kelas dan pembiasaan kegiatan sholat dhuha, tahlil, ziarah dan mujahadah. 2) faktor pendukung pendidikan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah berasal dari guru, lingkungan dan motivasi. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari masyarakat yang masih majemuk dan kurangnya kedisplinan siswa. 3) Pendidikan pengembangan diri siswa dilakukan dengan pendidikan non akademik yaitu ektrakulikuler pramuka yang beracuan SAKOMANU. 4) faktor pendukungnya adalah lingkungan yang mendukung dan adanya sistem kakak asuh. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih kurangnya kesadaran siswa akan kepramukaan di MTs Al Ittihad.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 20:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 20:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18698 |
Actions (login required)
View Item |