Keefektifan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Berbantuan Videoscribe Materi Statistika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023

Lestari, Nika Tri (2023) Keefektifan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Berbantuan Videoscribe Materi Statistika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI NIKA TRI LESTARI 23070190057.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui: (1) apakah rata-rata hasil belajar peserta didik yang diterapkan model ARIAS bisa mencapai KKM; (2) adakah perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (3) adakah perbedaan hasil belajar antara kelas ekserimen dan kelas kontrol; (4) adakah perbedaan rata-rata peningkatan minat belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (5) adakah perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan Pretest-Posttest Control Group Design, yang merupakan quasi experimental design. Peserta didik SMPN 7 Salatiga kelas VIII B dan VIII C dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan meliputi tes dan angket. Dimana teknik analisis data yang digunakan ialah: deskripsi data; uji tahap awal (uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata); uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas); pengujian hipotesis. Penelitian ini menemukan temuan, yakni: (1) Nilai rata-rata peserta didik yang diterapkan model ARIAS berbantuan videoscribe yang dilakukan dengan uji One Sample t Test memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 79,90 untuk hasil belajar; (2) Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan independent sample t test memiliki nilai signifikansi 0,010 untuk minat belajar, yang dapat diartikan ada perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dan kontrol; (3) Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan independent sample t test memiliki nilai signifikansi 0,000 untuk hasil belajar, maka dapat diartikan ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol; (4) Nilai rata-rata skor N-Gain untuk minat belajar kelas eksperimen ialah 0,60, dan kelas kontrol sebesar 0,46, serta taraf sig. uji t sebesar 0,000 maka bisa diartikan ada perbedaan rata-rata peningkatan minat belajar antara kedua kelas; (5) Nilai rata-rata skor N-Gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,59 dan kelas kontrol sebesar 0,36, serta taraf sig. uji t sebesar 0,000 maka bisa diartikan ada perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar antara kedua kelas. Maka, kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan videoscribe materi statistika efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 7 Salatiga tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 23:09
Last Modified: 26 Oct 2023 23:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item View Item