Murtofiah, Murtofiah (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI BEBAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V MI SALAFIYAH TUKANGAN, CANDI, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi awal-akhir.pdf Download (4MB) |
Abstract
Murtofiah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas V MI Salafiyah, Tukangan, Candi, Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: HasilBelajar, Picture and Picture, Puisi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia materi menulis puisi bebas melalui metode pembelajaran picture and picture pada siswa kelas V MI Salafiyah, Tukangan, Candi, Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas V MI Salafiyah Tukangan yang terdiri dari 13 siswa yaitu siswa 5 laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Picture and Picture hanya 61,5% (8 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 38,4% (5 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 69,23% (9 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 7,2 sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 92,3% (12 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-ratanya adalah 81,5. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,1%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 04:19 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1874 |
Actions (login required)
View Item |