Mursidina, Fatkhi (2023) PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SIFAT CAHAYA DAN PEMBENTUKAN BAYANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUNGKID MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI-FATKHI MURSIDINA 23060190080.pdf Download (7MB) |
|
Text
SKRIPSI-FATKHI MURSIDINA 23060190080.pdf Download (7MB) |
|
Text
FATKHI MURSIDINA 23060190080-2.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA dan untuk mengetahui respon peserta didik model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis true eksperimental design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol), masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Instrumen penelitian ini meliputi soal dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Predict Observe Explain (POE) membantu proses pembelajaran peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari Hasil uji linieritas menunjukkan adanya hubungan dengan nilai signifikansi sebesar 0,582 antar variabel yang dihubungkan dan terdapat pengaruh sebesar 17,3% antara dua variable pada uji regresi linieritas sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,018. Hasil angket yang telah disebarkan. Sebanyak 34,79% terhadap respon sangat setuju, 44,38% terhadap respon setuju. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model POE terhadap hasil belajar peserta didik materi sifat-sifat cahaya dan pembentukan bayangan kelas VIII SMP Negeri 2 Mungkid Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 16:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 16:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18760 |
Actions (login required)
View Item |