EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PEMBERDAYAAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA KELAS VIII PADA TOPIK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMP N 1 SUMOWONO

Sari, Dewi Kumala (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PEMBERDAYAAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA KELAS VIII PADA TOPIK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMP N 1 SUMOWONO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DEWI-KUMALASARI_23060190081-SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DEWI-KUMALASARI_23060190081-SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DEWI-KUMALASARI_23060190081-SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kumalasari, Dewi. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Kogntif dan Pemberdayaan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas VIII pada Topik Sistem Ekskresi di SMP N 1 Sumowono. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Guru Mata Pelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Arif Billah, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match pada Topik Sistem Eksresi bagi siswa kelas VIII SMP N 1 Sumowono, (2) menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII Topik Sistem Eksresi SMP N 1 Sumowono, (3) Menganalisis pemberdayaan kemampuan berkolaborasi melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match siswa kelas VIII Topik Sistem Eksresi SMP N 1 Sumowono, (4) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model Cooperative Tipe Make a Match dengan pada Topik Sistem Eksresi SMP N 1 Sumowono. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian True Experiment dan desain penelitian ini menggunakan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sumowono yaitu 196 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dengan soal pretest-post-test, angket self assessment, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Teknik analisis data tes menggunakan uji Independent Sample T-Test , sedangkan teknik analisis data nontest menggunakan uji rata-rata. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar nilai-nilai rata-rata kelas ekperimen > kelas kontrol ( 73,60> 63,97). Hal ini dibuktikan dengan uji Independent Sampel T- test diperoleh nilai 〖–t〗_(hitung ) (- 3.068)< t_(tabel ) (2.001) dengan signifikasni 0,003 < 0,05. Berdasarakan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII materi Sistem Ekskresi di SMP N 1 Sumowono, Kab Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan hasil analisis data non test yaitu angket self assessment kemampuan berkolaborasi memperoleh presentase 78,58 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match juga dapat memberdayaan tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik kelas VIII materi Sistem Ekskresi di SMP N 1 Sumowono, Kab Semarang tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Efektivitas; Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match; Hasil Belajar; dan Kolaborasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2023 23:16
Last Modified: 29 Oct 2023 23:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item