isnaini, Maulina (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MINIATUR TATA SURYA DARI SAMPAH KERTAS DI SMP N 2 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Maulina Isnaini 23060180021 CETAK (1).pdf Download (3MB) |
|
Text
Maulina Isnaini 23060180021 CETAK (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Isnaini, M. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Tata Surya dengan Menggunakan Model Discovery Learning dengan Media Sampah Kertas di SMPN 2 Bringin Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S. Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Discovery Learning; Media Sampah Kertas; Tata Surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model discovery learning dengan media sampah kertas materi tata Surya kelas VII SMPN 2 Bringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPN 2 Bringin yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada tiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaraan mengunakan model discovery learning dengan media sampah kertas pada materi tata surya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMPN 2 Bringin. Peningkatan hasil belajar ini dapat didasarkan pada data hasil belajar peserta didik dengan rata-rata kelas pada siklus I yaitu 58,5 dengan 4 peserta didik tuntas (13,34%) dan 26 peserta didik tidak tuntas (86,67%), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas 75,17 dengan 14 peserta didik tuntas (46,67%) dan 16 peserta didik tidak tuntas (53,34%) dan pada siklus III peserta didik juga mengalami peningkatan pada hasil belajar dengan rata-rata kelas 86,17 dengan 26 peserta didik tuntas (86,67%) dan 4 peserta didik tidak tuntas (13,34%). Penelitian ini berhenti di siklus III karena pada siklus III sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥85% dari total jumlah peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥80.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 03:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18770 |
Actions (login required)
View Item |