PENGARUH KETEKUNAN BERIBADAH DAN KETAATAN PADA TATA TERTIB TERHADAP ETIKA SOSIAL SISWA DI MTs S AL-ISLAM BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

CAHYANI, ANISA CORRY RAHMA NUR (2023) PENGARUH KETEKUNAN BERIBADAH DAN KETAATAN PADA TATA TERTIB TERHADAP ETIKA SOSIAL SISWA DI MTs S AL-ISLAM BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANISA CORRY RAHMA NUR C (23010190283)_PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANISA CORRY RAHMA NUR C (23010190283)_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan ketekunan beribadah terhadap etika sosial siswa, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan ketaatan pada tata tertib terhadap etika sosial siswa, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara ketekunan beribadah dan ketaatan pada tata tertib terhadap etika sosial siswa di MTs S AlIslam Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang melibatkan seluruh populasi siswa di MTs S Al-Islam Bringin, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketekunan beribadah dan ketaatan pada tata tertib secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap etika sosial siswa. Hasil analisis fhitung sebesar 9,095 > nilai ftabel sebesar 3,34, dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Dalam pengujian analisis regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh variabel independen, yaitu ketekunan beribadah dan ketaatan pada tata tertib terhadap variabel dependen, yaitu etika sosial siswa, diperoleh persamaan regresi: Y = 7,384 + 0,277 + 0,316. Hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,403 yang mengindikasikan bahwa 40,3% variasi dalam variabel independen dapat menjelaskan variasi dalam variabel dependen, yaitu ketekunan beribadah dan ketaatan pada tata tertib. Sisanya, sekitar 59,7%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, hasil uji koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa terdapat variabel independen lain yang turut memengaruhi etika sosial siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 16:08
Last Modified: 30 Oct 2023 16:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item View Item