EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTs SUNAN KALIJAGA KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023

Choirussalma, Ula (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DISCOVERY LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTs SUNAN KALIJAGA KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ULA CHOIRUSSALMA (23070190110) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ULA CHOIRUSSALMA (23070190110) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ULA CHOIRUSSALMA (23070190110) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Inquiry Discovery Learning berbantu alat peraga kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inquiry Discovery Learning berbantu alat peraga terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijaga tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitianTrue Experimental Design dan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini kelas VIIIA merupakan kelas eksperimen dan kelas VIIIB kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metodologi Simple Random Sampling sebagai metode pengambilan sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, soal tes, dan dokumentasi. Independent Sample T-Test digunakan untuk menganalisis data dengan program SPSS versi 22.0. Hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post- test 81 dan siswa kelas kontrol 74,25. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh thitung (2.426) > ttabel (2.024) dengan nilai sig (2-tailed) 0.020 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Discovery Learning berbantu alat peraga dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Inquiry Discovery Learning berbantu alat peraga efektif terhadap hasil belajar materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII di MTs Sunan Kalijaga Kendal tahun Pelajaran 2022/ 2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 16:32
Last Modified: 30 Oct 2023 16:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18791

Actions (login required)

View Item View Item