aji, Tarisya ilmiana danu (2023) PENEGAKAN PELAYANAN PUBLIK PERWAKILAN OMBUDSMAN JAWA TENGAH PERPSPEKTIF TEORI SISTEM HUKUM LAWRENCE FRIEDMAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI TARISYA ILMIANA DANU AJI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tarisya Ilmiana Danu Aji. 2023. Penegakan Pelayanan Publik Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah Perpspektif Teori Sistem Hukum Lawrance Friedman. Skripsi Fakultas Syari’ah. Jurusan Hukum Tata Negara. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ahmadi Hasanudin Dardiri, M.H. Kata kunci: Ombudsman, pelayanan publik, lawrance friedman. Provinsi Jawa Tengah mendapatkan penghargaan Public Services of The Year 2022, oleh perusahaan konsultan pemasaran di ASEAN, Markplus. Ombudsman Jawa Tengah telah melakukan berbagai macam upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik. Begitupun dengan provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur yang berada dalam satu pulau yang sama. Namun rupanya Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah yang memiliki perubahan secara progresif dalam menata dan menertibkan semua pegawai yang berkaitan dengan pelayanan publik sehingga dalam berbagai kesempatan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah beberapa kali mendapatkan penghargaan dalam skala daerah provinsi. Penghargaan yang didapat pada tahun 2022 adalah Public Services of The Year 2022. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana upaya-upaya Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik, dan bagaimana analisis penegakan pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman Jawa Tengah perspektif teori sistem hukum Friedman. Penelitian ini menggunakan metode terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan sumber data yang akurat sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Pendekatan yang diguanakan adalah yuridis empiris yaitu dengan mengkaji penegakan pelayanan publik perspektif Lawrence Friedman. Landasan teori yang digunakan adalah teori pelayanan publik dan teori sistem hukum Lawrence Friedman. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Ombudsman Jawa Tengah telah melakukan berbagai macam upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, yaitu RCO, Ombudsman Jateng on the spot, pemanfaatan media sosial, jalinan kerja sama, dan memaksimalkan Mal Pelayanan Publik. Dalam teori sistem hukum Lawrance Friedman, substansi hukum Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah memiliki 3 hukum dasar operasionalnya sebagai penegak pelayanan publik, yaitu Undang-Uundang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan peraturan internal dari Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah. Memiliki struktur hukum yang berjalan secara optimal ditandai dengan aparat penegak pelayanan publik Ombudsman telah menjalankan tugasnya dengan baik\. Dan budaya hukum yang dapat dilihat dalam laporan yang masuk Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, artinya masyarakat mulai mengetahui dan mempercayai Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 18:24 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 18:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18806 |
Actions (login required)
View Item |