fauziyah, siti nur (2023) “Pengaruh Media Permainan Truth Or Dare Berbantuan Aplikasi Ispring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Pada Materi Cahaya dan Optik di SMP Bhinneka Karya Klego Tahun Pelajaran 2022/2023”. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE SKRIPSI SITI TO UPLOAD.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fauziyah, Siti Nur. 2023. Pengaruh Media Permainan Truth Or Dare Berbantuan Aplikasi Ispring terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Pada Materi Cahaya dan Optik di SMP Bhinneka Karya Klego Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci; Truth Or Dare, Aplikasi Ispring, Hasil Belajar Tujuan dalam penelitian kali ini ada tiga. Tujuan yang pertama yaitu untuk mengetahui deskripsi penerapan media permainan truth or dare berbantuan aplikasi ispring terhadap hasil belajar IPA. Kedua untuk mengetahui hubungan antara media permainan truth or dare berbantuan aplikasi ispring dengan hasil belajar siswa. Tujuan yang ketiga yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan media permaiana truth or dare berbantuan aplikasi ispring terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan disign penelitian pretest posttest control group design dengan metode penelitian true experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Jumlah total populasi pada penelitian ini sebanyak 86 siswa. Sampel yang dipilih yaitu kelas VIII-A (kelas kontrol) sebanyak 29 siswa dan VIII-B (kelas eksperimen) sebanyak 28 siswa yang ada di SMP Bhinneka Karya Klego. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, quesioner, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah butir soal, angket dan dokumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi perarson dan uji t jenis independent sampel t test. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebanyak 30% sangat setuju, dan 43% setuju dengan penerapan media permainan truth or dare berbantuan aplikasi ispring yang diterapkan di SMP Bhinneka Karya Klego. Data yang ada dalam penelitian ini terdistribusi normal dengan diperolehnya nilai signifikasi pada uji kolmogorov-smirnov yaitu sebesar 0,20 > 0,05. Pada uji homogenitas data yang diperoleh nilai signifikasinya sebesar 0,249 > 0,05 yang berarti data tersebut terdistribusi homogen Pada penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan antar variabel dilihat dari hasil uji korelasi dengan Uji pearson dengan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan derajat hubungan anatar variabel pada kategori korelasi kuat. Pada uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi 2-tailed sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang menandakan ada pengaruh penggunaan media permainan truth or dare berbantuan aplikasi ispring terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi cahaya dan optik di SMP Bhinneka Karya klego.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 15:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 15:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18845 |
Actions (login required)
View Item |