aziza, Ida lailiyatul (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMANTIC, AUDIO, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI ) DENGAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) KELAS VIII A SMP DARUL MUTTAQIEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
IDA LAILIYATUL AZIZA_T23060190100_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) |
|
Text
IDA LAILIYATUL AZIZA_T23060190100_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) |
|
Text
IDA LAILIYATUL AZIZA_T23060190100_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) |
|
Text
IDA LAILIYATUL AZIZA_T23060190100_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) |
|
Text
IDA LAILIYATUL AZIZA_T23060190100_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) |
|
Text
IDA LAILIYATUL AZIZA_T23060190100_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Pokok Bahasan Getaran, Gelombang dan Bunyi Menggunakan Model Pembelajaran Somantic, Audio, Visual, Intelektual (SAVI) dengan Metode Practice Rehearsal Pairs (PRP) Kelas VIII A SMP Darul Muttaqien Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada kelas. Langkah-langkah dari PTK yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. subjek penelitian ini yaitu siswi kelas VIII A SMP Darul Muttaqien Bolong, Selopampang, Temanggung dengan jumlah 28 siswi Perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bisa dikatakan berhasil jika peserta didik mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 85% dengan ketuntasan hasil belajar individu sebesar 89%. Peningkatkan hasil belajar di lihat dari hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses belajar. Pada kegiatan siklus I, yang mana ketuntasan peserta didik sebesar 43% dari 12 siswa yang mencapai KKM, dan 16 peserta didik tidak tuntas karena nilai kurang dari KKM sebesar 57% dengan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik yaitu 70, 54. Sementara itu, pada kegiatan siklus II terdapat 25 peserta didik yang nilai tuntas KKM sebesar 89%, dan 3 peserta didik tidak tuntas karena nilai kurang dari KKM sbesar 11% dengan nilai rata-rata 79, 82. Selain itu hasil angket respon dari peserta didik sebesar 80%, yang artinya siswa sangatlah senang dengan penerapan model pembelajaran tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan penggunaan Model Pembelajaran Somantic, Audio, Visual, Intelektual (SAVI) dengan Metode Practice Rehearsal Pairs (PRP) meningkatkan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas VIII A SMP Darul Muttaqien Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 21:29 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 21:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18882 |
Actions (login required)
View Item |