Rofiq, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERIBADAH, CINTA DAMAI DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SALATIGA DAN SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERIBADAH, CINTA DAMAI DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SALATIGA DAN SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2023 - FIXS.pdf Download (7MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERIBADAH, CINTA DAMAI DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SALATIGA DAN SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2023 - FIXS.pdf Download (7MB) |
|
Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERIBADAH, CINTA DAMAI DAN PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SALATIGA DAN SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2023 - FIXS.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Rofiq, Muhammad. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Taat beribadah, Cinta Damai dan Peduli Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Salatiga dan SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2023. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Mukh. Nursikin, M.S.I. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan pendidikan karakter taat beribadah, cinta damai dan peduli sosial dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Salatiga dan SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2023, (2) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter taat beribadah, cinta damai dan peduli sosial dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Salatiga dan SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2023, dan (3) untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter taat beribadah, cinta damai dan peduli sosial dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Salatiga dan SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan naturalistik, pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara, untuk memeriksa keabsahan data melalui triangulasi data. Sementara, teknik analisis data dengan melakukan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis disampaikan melalui penyampaian data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan pendidikan karakter di SMKN 1 Salatiga dan SMKN 3 Salatiga yaitu dengan membuat perangkat pembelajaran baik berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA) pada Kurikulum Merdeka, sedangkan untuk kurikulum 2013 menggunakan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), selain itu juga menyiapkan SDM pendidik, dan memberikan konten materi yang relevan. Implementasi pendidikan karakter taat beribadah di SMKN 1 Salatiga dan SMKN 3 Salatiga yaitu dengan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca Asmaul Husna, hafalan surat-surat pendek, tadarus bersama, shalat Dhuha, dan lain-lain. Untuk implementasi karakter cinta damai yaitu dengan dengan menerapkan 5S, larangan bullying, membangun suasana akrab, membangun sikap toleransi dan melalui seminar moderasi beragama. Kemudian untuk implementasi karakter peduli sosial yaitu dengan menjenguk dan mendo’akan teman yang sakit, membantu teman yang kesulitan belajar dan juga meminjamkan alat tulis, mengantarkan teman atau guru yang sakit ke UKS, infaq rutin, santunan anak yatim piatu, penyaluran zakat fitrah, dan pembagian daging kurban. Kemudian teknik evaluasi yang digunakan di SMKN 1 Salatiga yaitu observasi, laporan portofolio, laporan projek dan kartu kendali, sedangkan di SMKN 3 Salatiga yaitu menggunakan observasi, penilaian antar teman dan penilaian oleh wali siswa. Kata Kunci: Karakter Taat beribadah, Karakter Cinta Damai, Karakter Peduli Sosial, dan Pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 00:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 00:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18891 |
Actions (login required)
View Item |