PENDIDIKAN ASPEK IBADAH DAN AKTUALISASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Wardani, Santia Kusuma (2023) PENDIDIKAN ASPEK IBADAH DAN AKTUALISASI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SANTIA KUSUMA WARDANI 23010190068.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SANTIA KUSUMA WARDANI 23010190068.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SANTIA KUSUMA WARDANI 23010190068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wardani, Santia Kusuma. 2023. Pendidikan Aspek Ibadah dan Aktualisasi Diri Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Pendidikan, Aspek Ibadah, Aktualisasi Diri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis beberapa aspek berikut: 1) Pendidikan aspek ibadah pada anak berkebutuhan khusus, 2) Mendeskripsikan aktualisasi diri anak berkebutuhan khusus, 3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan aspek ibadah anak berkebutuhan khusus, 4) Faktor pendukung dan penghambat aktualisasi diri anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan. Informan pada penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum dan kesiswaan, guru PAI dan peserta didik. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan aspek ibadah wudhu dan shalat untuk anak berkebutuhan khusus melalui pendampingan dan pendekatan secara individual, pada aspek ibadah puasa melalui pemberian lembar kontrol puasa, serta kerja sama dengan orang tua dalam praktik ibadah zakat. 2) Aktualisasi anak berkebutuhan khusus melalui kegiatan pembiasaan pagi dengan memberikan kesempatan pada anak berkebutuhan khusus untuk memimpin asmaul husna, do’a, dan menjadi dirigen, serta pada kegiatan BRINSA BERBAGI diberi kesempatan sebagai pembawa acara. 3) Faktor pendukung pendidikan aspek ibadah antara lain dukungan dari keluarga dan lingkungan, kesadaran diri, SDM yang memadai, sarana dan prasarana, serta rasa semangat. Faktor penghambat pendidikan aspek ibadah antara lain perbedaan karakter dan budaya, kurangnya kesadaran, kesulitan membaca dan menghafal, adapun solusi untuk mengatasi faktor penghambat pendidikan aspek ibadah yaitu menyesuaikan kasus dan gaya belajar, menyesuaikan penilaiannya, diberi motivasi dan pemahaman. 4) Faktor pendukung aktualisasi diri antara lain sarana dan prasarana, memiliki minat, dukungan orang tua dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat aktualisasi diri yaitu kurangnya rasa percaya diri, adapun solusi untuk mengatasi faktor penghambat aktualisasi diri yaitu dengan diberinya motivasi agar percaya diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:04
Last Modified: 01 Nov 2023 15:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18909

Actions (login required)

View Item View Item