Judul Skripsi : Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Kotak Pinguin Pada Anak Kelompok B Di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung.

Anisah, Amirotul (2017) Judul Skripsi : Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Kotak Pinguin Pada Anak Kelompok B Di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Abstrak : Anisah, Amirotul. 2017. Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Kotak Pinguin pada Anak Kelompok B di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018. Sripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegguruan. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Berhitung Permulaan, Alat Permainan Edukatif Kotak Pinguin. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan alat permainan edukatif kotak pinguin pada anak kelompok B di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar kurang maksimal karena minimnya alat permainan edukatif. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah alat permainan edukatif kotak pinguin dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung tahun pelajaran 2017/2018? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan alat permainan edukatif kotak pinguin dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksakan dalam dua siklus, satu siklus dilakukan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Pada tiap siklus terdapat 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 22 anak yang terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan, dilaksanakan di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif kotak pinguin dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di RA Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung tahun pelajaran 2017/2018. Total peningkatan yang terjadi dari sebelum tindakan sampai Siklus II sebesar 64%, yaitu dari 30% menjadi 94%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 85% yang ditetapkan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:26
Last Modified: 06 Nov 2017 02:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item