INTERNALISASI NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-QUDWAH KIDS CENTER KOTA SALATIGA

Halimatussadiyah, (2023) INTERNALISASI NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-QUDWAH KIDS CENTER KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_HALIMATUSSA'DIYAH_23050190036_FIX.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_HALIMATUSSA'DIYAH_23050190036_FIX.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_HALIMATUSSA'DIYAH_23050190036_FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sa‟diyah, Halimatus. 2023. Internalisasi Nilai Agama dan Moral Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia Dini di TK Al-Qudwah Kids Center Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatulloh, S. S., M.Pd.I.. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Agama dan Moral, Pembiasaan Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses Internalisasi Nilai Agama dan Moral Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Qudwah Kids Center Kota Salatiga; 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Internalisasi Nilai Agama dan Moral Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Qudwah Kids Center Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TK Al-Qudwah Kids Center Kota Salatiga mempunyai: 1) penanaman nilai agama dan moral melalui pembiasaan rutin, spontan, keteladanan dan terprogram. Adapun kegiatannya yaitu dengan membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman kepada guru, mengaji yanbu‟a, membaca do‟a-do‟a sebelum dan sesudah kegiatan, menghafal dan muroja‟ah surat-surat pendek dan hadits, mengenalkan sikap sopan, baik/buruk, mengenalkan kebersihan diri dan lingkungan, melatih kemandirian anak, dan memberikan apresiasi pada anak berupa pujian atau hadiah. 2) faktor pendukung proses internalisasi nilai agama dan moral melalui pembiasaan yaitu faktor eksternal yang meliputi orangtua, guru dan lingkungan keluarga. Dan faktor penghambat proses internalisasi nilai agama dan moral melalui pembiasaan adalah faktor internal dari diri anak itu sendiri seperti kurang konsentrasi, suara kurang terdengar dan anak yang belum mengenal huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 05:40
Last Modified: 02 Nov 2023 05:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item