KAVIN, GHIFARI MAISYA (2023) PEMBINAAN SIKAP KEMANDIRIAN BERIBADAH DAN KREATIVITAS SISWA DI SMA N 1 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
GHIFARI MASIYA KAVIN 23010190473.pdf Download (8MB) |
|
Text
GHIFARI MASIYA KAVIN 23010190473.pdf Download (8MB) |
|
Text
GHIFARI MASIYA KAVIN 23010190473.pdf Download (8MB) |
|
Text
GHIFARI MASIYA KAVIN 23010190473.pdf Download (8MB) |
|
Text
GHIFARI MASIYA KAVIN 23010190473.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kavin, Ghifari Maisya. 2023. Pembinaan Sikap Kemandirian Beribadah dan Kreativitas Siswa di SMA N 1 Candimulyo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muzdakir Muhlisin, M.Phil. Kata Kunci : Pembinaan, Sikap Kemandirian Beribadah, Kreativitas Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pembinaan sikap kemandirian beribadah siswa 2) Mengetahui Pembinaan sikap kreativitas siswa Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik SMA N 1 Candimulyo Kabupaten Magelang. Analisis data yang digunakan meliputi Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik supaya mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembinaan sikap kemandirian beribadah di SMA N 1 Candimulyo meliputi kegiatan: shalat wajib berjamaah, membaca asmaul husna, setoran hafalan juz amma, pembinaan mental rohani. Metode yang digunakan yaitu: pembiasaan, pengawasan, nasihat, keteladanan. Indikator keberhasilan meliputi: adanya kesadaran dan kemandirian siswa serta sikap disiplin, jujur konsisten dan bertanggung jawab. Faktor pendukung pembinaan sikap kemandirian beribadah meliputi: pengawasan guru yang konstan, penerapan sistem absensi, pembinaan khusus dan kerjasama antar guru. Faktor penghambat yaitu fasilitas sekolah yang kurang memadai. (2) Pembinaan sikap kreativitas siswa dengan menggunakan metode: pengawasan, penugasan, kedisiplinan, nasihat. Bentuk kegiatan meliputi: penugasan proyek, kewirausahaan dan ekstrakurikuler. Indikator keberhasilan meliputi: ketertarikan dan keberanian siswa untuk berwirausaha. Faktor pendukung meliputi: partisipasi dan kontribusi siswa, kekompakkan guru dan konsistensi guru dalam pengawasan, insiatif dan strategi guru dalam membentuk program kegiatan Faktor penghambat yaitu: fasilitas yang kurang memadai dan terbatasnya biaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 23:20 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 23:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19223 |
Actions (login required)
View Item |