, Vicka Listia Athifatul ulya (2023) IMPLEMNETASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS II MI PINGGIR KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
VICKA LISTIA A U 23040170053 SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Athifatul Ulya, Vicka Listia. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan media Animasi untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas II MI Pinggir Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali tahun 2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasaha Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Peni Susapti, M.S.i. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bangun Datar, Project Based Learning, Media Animasi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model Project Based Learning dengan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar materi bangun datar kelas II MI Pinggir Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun ajaran 2023? Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing–masing siklus dengan langkah–langkah: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan Tindakan, c) Pengamatan (observasi), d) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Pinggir Karanggede yang berjumlah 14 siswa meliputi 3 laki–laki dan 11 perempuan. Instrument penelitian meliputi lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Model pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Data analisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila sudah melebihi 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi menggunakan model Project Based Learning dengan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data hasil observasi nilai siswa menunjukkan hanya 5 dari 14 (35,7%) siswa yang dinyatakan tuntas, setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I menjadi 11 siswa (78,6%) yang dinyatakan tuntas dan pada siklus II semua siswa dinyatakan tuntas atau 14 siswa (100%). Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke Siklus I 42,9% dan Siklus I ke Siklus II 21,4%. Hasil sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal secara nasional yaitu lebih dari 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Project Based Learning dengan media animasi pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Pinggir Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun 2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19257 |
Actions (login required)
View Item |