Munaa, Lu'lu' Afifah Khoiru (2023) Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Simbol Sila Pancasila menggunakan Model Course Review Horay (CRH) dengan Media Lagu pada Siswa Kelas I MIS Ma'arif Gedangan Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
LU'LU' AFIFAH KHOIRU MUNAA 23040190090.pdf Download (4MB) |
|
Text
LU'LU' AFIFAH KHOIRU MUNAA 23040190090.pdf Download (4MB) |
Abstract
Munaa, Lu’lu’ A.K. 2023. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Simbol Sila Pancasila menggunakan Model Course Review Horay (CRH) dengan Media Lagu pada Siswa Kelas I MIS Ma’arif Gedangan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Course Review Horay, Media Lagu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan media lagu pada siswa kelas I B MIS Ma’arif Gedangan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan siklus penelitian yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2023, sedangkan siklus II pada tanggal 23 Mei 2023. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas I B MIS Ma’arif Gedangan dengan jumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan model Course Review Horay dengan media lagu dalam pembelajaran PPKn dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa kelas I B MIS Ma’arif Gedangan. Pada pra siklus dari keseluruhan siswa kelas I B hanya terdapat 6 siswa yang sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan atau diperoleh data persentase dengan angka 27 %, sedangkan 16 siswa atau 73 % belum mencapai KKM yang ditetapkan. Kemudian pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 siswa dengan tingkat persentase hasil belajar 55%, sedangkan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 10 siswa dengan tingkat persentase hasil belajar 45%. Pada siklus II terdapat 20 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan tingkat persentase hasil belajar 91%, sedangkan terdapat 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan persentase hasil belajar 9%. Jadi dengan persentase 54,5% hasil ketuntasan belajar pada siklus I ternyata belum memenuhi indikator kriteria ketuntasan klasikal sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Sedangkan hasil ketuntasan belajar pada siklus II sudah mencapai 90,1% sehingga sudah mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% maka penelitian ini dihentikan dan dianggap berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 21:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 21:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19310 |
Actions (login required)
View Item |