ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF ANDONG TAHUN AJARAN 2022/2023

FEBRIYANTOSO, KHOLIFAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF ANDONG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound901523795787754062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII MTs Ma’Arif Andong tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Siswa kelas VIII E MTs Ma’Arif Andong dijadikan subjek dalam penelitian ini. Selain itu, instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Siswa yang masuk dalam kategori subjek kemampuan tinggi mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah yaitu indikator memahami masalah, indikator menyusun model matematika, indikator memilih dan mengembangkan strategi pemecahan masalah tetapi sebagian kecil melakukan kesalahan dalam mengoperasikan bilangan yang berakibat pada jawaban akhir, dan indikator memeriksa kembali. 2. Siswa yang masuk dalam kategori subjek kemampuan sedang mampu memenuhi tiga indikator pemecahan masalah yaitu indikator memahami masalah, indikator menyusun model matematika, dan indikator memilih dan mengembangkan strategi pemecahan masalah tetapi sebagian besar melakukan kesalahan dalam mengoperasikan bilangan yang berakibat pada jawaban akhir. 3. Siswa yang masuk dalam kategori subjek kemampuan rendah mampu memenuhi tiga indikator pemecahan masalah yaitu indikaor memahami masalah, indikator menyusun model matematika, dan indikator memilih dan mengembangkan strategi pemecahan masalah tetapi sebagian besar melakukan kesalahan dalam mengoperasikan bilangan yang berakibat pada jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2023 17:30
Last Modified: 11 Nov 2023 17:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item View Item