PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII B SMP NEGERI 3 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

istiqomah, Asifatul (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII B SMP NEGERI 3 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_Asifatul Istiqomah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbasis Mind Mapping dalam materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII B SMP Negeri 3 Tuntang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdapat empat tahapan seperti: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Tuntang yang berjumlah 32 dengan 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B pada materi sistem ekskresi manusia di SMP Negeri 3 Tuntang. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 58,75 dengan 8 peserta didik tuntas (25%) dan 24 peserta didik tidak tuntas (75%). Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 81,87 dengan 28 peserta didik yang tuntas (87,5%) dan 4 peserta didik yang tidak tuntas (12,5%). Penelitian ini berhenti pada siklus II, hal ini dikarenakan pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu  85% dari jumlah keseluruhan peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai  80.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 18:48
Last Modified: 13 Nov 2023 18:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item