PENGARUH INTEGRASI BUKU DIGITAL DAN BUKU NONDIGITALTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL MINA

Malik, Imam Fatkhul (2023) PENGARUH INTEGRASI BUKU DIGITAL DAN BUKU NONDIGITALTERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL MINA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tesis imam fatkhul malik-120200006.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Malik, Fatkhul Imam. 2023. Pengaruh Integrasi Buku Digital dan Buku Nondigital terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Mina Bandugan Kabupaten Semarang. Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Rasimin, S.Pd.I, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi buku digital dan buku nondigital dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Mina Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Metode penelitian menggunakan model kuantitatif disain kuasi eksperimen dengan membagi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data angket yang disebar kepada responden, menunjukkan bahwa pengaruh buku digital dalam keterampilan menulis teks deskripsi menunjukkan kategori sangat baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan 87,69231, sedangkan buku nondigital tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa karena dari jumlah rata-rata keseluruhan hanya menunjukkan 12,30769 sehingga termasuk dalam kategori sangat buruk. Hasil uji reabilitas angket didapat skor cronbach alpha sebesar 0,720 dengan taraf signifikan 5% dengan 52 responden memiliki nilai Rtabel sebesar 0,028. Hasil perhitungan reabilitas di peroleh Rhitung > Rtabel (0,720 ≥ 0,228) menunjukkan bahwa uji coba angket memiliki reliabilitas yang tinggi. Berdasarkan perhitungan pada T hitung 5,369 pada sampel T -test dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T- test dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya buku digital berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, sedangkan buku nondigital pada kelas kontrol tidak berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Mina Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kata Kunci: Integrasi, Buku Digital, Keterampilan Menulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2023 19:59
Last Modified: 14 Nov 2023 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item