PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI SAINS ISLAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SIKLUS AIR

'Izzaiyah, Khamidah Al (2023) PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI SAINS ISLAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SIKLUS AIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JILID FULL TESIS KHAMIDAH (12020190013).pdf

Download (2MB)
[img] Text
JILID FULL TESIS KHAMIDAH (12020190013).pdf

Download (2MB)
[img] Text
JILID FULL TESIS KHAMIDAH (12020190013).pdf

Download (2MB)
[img] Text
JILID FULL TESIS KHAMIDAH (12020190013).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Al ‘Izzaiyah, Khamidah. 2023. Pengembangan Modul Terintegrasi Sains Islam pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Siklus Air. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Adang Kuswaya, M.Ag. Kata Kunci: Modul, Integrasi Sains Islam, Ilmu Pengetahuan Alam, Siklus Air Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan modul terintegrasi sains Islam pada mata pelajaran IPA materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V MI NU Tsamrotul Wathon Gondosari Gebog Kudus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NU Tsamrotul Wathon Gondosari Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE dengan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan tes. Uji skala terbatas dilakukan di kelas V B dengan 10 siswa dan uji skala luas dilaksanakan di kelas V A dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan pengembangan modul terintegrasi sains Islam meliputi kebutuhan kelayakan pada tampilan tulisan, materi ajar yang terintegrasi sains Islam, fungsi modul, dan manfaat modul serta kelayakan pada aspek isi, aspek kontruksi dan aspek bahasa. (2) Pengembangan modul terintegrasi sains Islam valid berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. Kriteria kelayakan tampilan tulisan 62,5% (cukup layak), kelayakan materi ajar 72,5% (cukup layak), fungsi modul 91,6% (Sangat layak), manfaat modul 87,5%. Kriteria kelayakan aspek isi 83,92% (sanag layak), kelayakan pada aspek konstruksi 68,75% (Layak) dan dan kelayakan aspek bahasa 60%(Cukup layak). (3) Hasil pengembangan modul terintegrasi sains Islam sangat efektif berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar kognitif dengan Pvalue < α yaitu Pvalue = 0,00<0,005. Uji gain sebesar 0.467 berada pada katagori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2023 16:41
Last Modified: 15 Nov 2023 16:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19393

Actions (login required)

View Item View Item