PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW DAN PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS V MI HUSNUL KHATIMAH KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

P, AYU MUKTISARI GUNADI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW DAN PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS V MI HUSNUL KHATIMAH KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AYUK 230401610183 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
AYUK 230401610183 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
AYUK 230401610183 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
AYUK 230401610183 PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri, Ayu MuktiSari Gunadi. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Menggunakan Strategi Quick On The Draw dan Permainan Monopoli pada Siswa Kelas V MI Husnul Khatimah Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Permainan monopoli, Strategi Quick on the Draw Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan menggunakan strategi Quick On The Draw dan permainan monopoli pada Siswa Kelas V Semester II MI Husnul Khatimah Dukuh Pengkolan Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan kolaborasi antara guru mata pelajaran IPS dan peneliti. Penelitian ini melalui dua tahap siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Penelitian ini dilakukan dengan siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar soal tes, lembar pengamatan dan pedoman dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan dua siklus dan analisis yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Quick On The Draw dan permainan monopoli pada siswa kelas V MI Husnul Khatimah Dukuh Pengkolan Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I siswa yang memenuhi KKM sebanyak 13 siswa dari 21 siswa dengan presentase 61,91% dan untuk siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa dengan presentase 39,09%. Pada siklus II yang memenuhi KKM sebanyak 20 dari 21 siswa dengan presentase 95,23% dan untuk siswa yang belum tuntas sebanyak 1 siswa dengan presentase 4,77% dengan nilai rata-rata 85,9. Karena indikator keberhasilan secara klasikal sudah memenuhi yaitu yang mendapatkan nilai (70) presentasenya mencapai 85% maka siklus dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2023 21:14
Last Modified: 17 Nov 2023 21:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item View Item