Sunarso, Dr. Budi (2024) “Strategi Manajemen kerjasama Stakeholders dalam Peniingkatan daya tarik pada konsentrasi Program Studi. UNSPECIFIED.
Text
Laporan Akademik_Dammy Book_Penelitan Prodi 2023.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi Prodi Manajemen Dakwah dalam meningkatkan kerjasama stake holders pada daya tarik konsentrasi prodi di manajemen dakwah fakultas dakwah UIN Salatiga dimana sangat terkait dengan tingkat kepuasan pengguna (stakeholders) terhadap lulusan MD Fakultas Dakwah UIN Salatiga berada pada kategori tingkatan yang cukup/ baik. Hal ini dapat dilihat pada beberapa kategori yang meliputi; 1) integritas; 2) profesionalisme; 3) kemampuan bahasa Inggris; 4) penggunaan TI; 5) kemampuan berkomunikasi; 6) kerjasama tim; dan 7) pengembangan diri. Semua kategori tersebut berada pada tingkat sangat tinggi. Adapun Kriteria yang diinginkan stakeholders terhadap Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah UIN Salatiga adalah memiliki kemampuan dan perilaku diantaranya: 1) tanggung jawab; 2) produktif; 3) orientasi target atau hasil yang memuaskan; 4) motivasi tinggi; 5) sabar dan bekerja keras; 6) berpikir dan bertindak positif; dan 7) menjaga hubungan dengan teman sejawat serta 8) memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi. Adapun Strategi Prodi MD dalam meningkatkan kerjasama stake holders dilakukan oleh prodi manajemen dakwah, fakultas dakwah UIN Salatiga dengan terus dapat meningkatkan program-program yang telah dijalankan baik internal maupun eksternal dalam peningkatan mutu lulusan, dengan dapat dinyatakan telah berjalan dengan cukup baik, efektif dan efesien. Hal ini tersebut dikarenakan ilmu manajemen telah diaplikasikan dengan baik kedalam pelaksanaan program kegiatan prodi. Sehingga kegiatan yang direncanakan berhasil dikerjakan secara efektif dan efesien waluapun masih perlu ada peningkatan seperti program aktualisasi bersama stake holder dalam praktek-praktek kegiatan konsentrasi prodi terutama dalam pemenuhan fasilitas praktikum konsentrasi prodi. Pada prosesnya, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam strategi meningkatkan kerjasama stake holders dan juga mutu lulusan di prodi manajemen dakwah. Kendala tersebut antara lain seperti fasilitas dan sarana praktikum konsentrasi, kebijakan pemerintah, fakultas dan universitas, keadaan ekonomi dari mahasiswa, dan yang lainnya. Dan apabila kendala tersebut kedepannya dapat diatasi maka strategi yang dijalankan dalam meningkatkan kerjasama stake holders yang berdampak pada peningkatan mutu lulusan akan lebih maksimal serta optimal hasilnya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:16 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19563 |
Actions (login required)
View Item |