PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENSTIMULASI KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B RA MA'ARIF KECANDRAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Yulianti, Ade Lya (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENSTIMULASI KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B RA MA'ARIF KECANDRAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ADE LYA YULIANTI 23050190026_revisi[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADE LYA YULIANTI 23050190026_revisi[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADE LYA YULIANTI 23050190026_revisi[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADE LYA YULIANTI 23050190026_revisi[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADE LYA YULIANTI 23050190026_revisi[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADE LYA YULIANTI 23050190026_revisi[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran SAVI untuk menstimulasi konsentrasi anak kelompok B RA Ma’arif Kecandran tahun ajaran 2023/2024 serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan model pembelajaran SAVI untuk menstimulasi konsentrasi anak kelompok B RA Ma’arif Kecandran tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas B, dan siswa RA Ma’arif Kecandran. Terdapat pula sumber data sekunder berupa sejarah sekolah, lokasi sekolah, visi dan misi, tujuan sekolah, daftar guru dan sarana prasarana, serta data terkait penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran SAVI untuk menstimulasi konsentrasi anak kelompok B RA Ma’arif Kecandran tahun ajaran 2023/2024 menggunakan langkah-langkah model pembelajaran SAVI, yang meliputi tahap persiapan (kegiatan pendahuluan), tahap penyampaian (kegiatan inti), tahap pelatihan (kegiatan inti), dan tahap penampilan hasil (kegiatan penutup). Model pembelajaran SAVI somatic, auditory, visual, dan intelektual) di RA Ma’arif Kecandran dengan mengajak anak belajar memanfaatkan seluruh anggota tubuh dan alat indra yang dimiliki dengan bergerak, mendengar, berfikir, dan memecahkan masalah. Penggunaan model pembelajaran SAVI mampu menstimulasi konsentrasi anak dalam pembelajaran, terlihat pada saat belajar anak mampu mengikuti arahan dari guru, anak memperhatikan penjelasan dari guru dengan baik, anak terlihat senang dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. 2) Faktor pendukung dalam penggunaan model pembelajaran SAVI berupa: rasio yang ideal 1:15 dirasa cukup untuk guru dalam mengontrol kondisi kelas, adanya fasilitas dan media yang memadai, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, adanya suasana yang kondusif, dan keaktifan anak dalam belajar. Adapun faktor penghambat dari model pembelajaran SAVI adalah anak yang memiliki karakter belajar yang berbeda-beda, guru harus pandai berkreasi untuk menciptakan media pembelajaran serta permainan yang menarik dan menyenangkan bagi anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2024 02:31
Last Modified: 12 Mar 2024 02:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19788

Actions (login required)

View Item View Item