IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK KELOMPOK B RA JAMI’ATUL IKHSAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MAFRUCHAH, IZZA (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH PENDEK KELOMPOK B RA JAMI’ATUL IKHSAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IZZA MAFRUCHAH 23050190021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mafruchah, Izza. 2023. Implementasi Metode Ummi Untuk Menstimulasi Kemampuan Menghafal Surah Pendek Kelompok B RA Jami’atul Ikhsan Pakis Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ibdaul Latifah, M.Pd. Kata Kunci: metode ummi, kemampuan menghafal, surah pendek, raudhatul atfhal Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi Metode Ummi untuk Menstimulasi Kemampuan Menghafal Surah pendek Kelompok B RA Jami’atul Ikhsan Pakis Tahun Pelajaran 2022/2023; (2) Faktor Pendukung dan Penghambat pada Implementasi Metode Ummi untuk Menstimulasi Kemampuan Menghafal Surah Pendek Kelompok B RA Jami’atul Ikhsan Pakis Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya peneliti mengunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang terpercaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi metode ummi untuk menstimulasi kemampuan menghafal surah pendek dengan beberapa tahapan-tahapan diantaranya yaitu pembukaan, apersepsi, penambahan konsep, pemahaman konsep, latihan atau keterampilan, evaluasi, dan penutup. Akan tetapi sebelum mengajar metode ummi guru mengikuti tashih, tahsin, dan pembinaan terlebih dahulu (2) Faktor pendukung implementasi metode ummi untuk menstimulasi kemampuan menghafal surah pendek kelompok B RA Jami’atul Ikhsan Pakis adalah semangatnya siswa dalam menghafal, SDM guru yang sudah bersertifikasi, ayat yang dihafalkan selalu bernada sehingga anak tidak mudah bosan, dukungan dari orang tua untuk anak dalam menghafal surah pendek. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu fokusnya anak-anak yang sering berubah-ubah, kurangnya ruang kelas, kurangnya jam belajar Al-Qur’an, dan belum semua guru lulus tahsin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 17:57
Last Modified: 14 Mar 2024 17:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19852

Actions (login required)

View Item View Item