IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MTs NEGERI GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fatimah, Siti (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MTs NEGERI GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Fatimah_11111115.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Bimbingan Konseling dalam pengembangan kepribadian siswa MTs N Grabag. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Apa saja program bimbingan konseling di MTs Negeri Grabag? 2) Bagaimana implementasi program bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian siswa? 3) Apa saja faktor pendukung pelayanan bimbingan konseling? 4) Apa saja hambatan pelayanan bimbingan konseling? 5) Bagaimana alternatif pemecahan masalah? 6) Bagaimana kepribadian siswa setelah mendapatkan pelayanan bimbingan konseling? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan di MTs N Grabag dimulai dari tanggal 25 November-15 Desember 2014. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, wali kelas, dan siswa yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data dikumpulkan berdasarkan catatan lapangan dan observasi kemudian data ditranskip menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Program bimbingan konseling di MTs N Grabag meliputi layanan orientasi, layanan bimbingan kepribadian, layanan bimbingan sosial, layanan bimbingan belajar, dan layanan karier; (2) Pelaksanaan program bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian siswa yaitu dengan memberikan penyuluhan kelompok, melakukan pendataan masalah siswa, melakukan evaluasi kegiatan; (3) Faktor pendukungpelaksanaan bimbingan konseling meliputi adanya fasilitas yang memadai,adanya kerjasama antar semua pihak Madrasah, serta tugas konselor dipegang oleh orang yang ahli dalam bidang konseling; (4) Hambatan pelaksanaan bimbingan konseling antara lain, kurang sinergisnya antara guru bimbingan konseling dengan beberapa pihak, kurang kerjasama dari orang tua siswa, asas kejujuran yang belum terpenuhi, pandangan negatif anak tentang bimbingan konseling; (5) Alternatif pemecahan masalah antara lain, memperkenalkan anak tentang bimbingan konseling sejak awal, menjalin kerjasama dengan semua pihak, melakukan home visite, sharring antar sesama konselor; (6) Kepribadian siswa setelah mendapatkan pelayanan bimbingan konseling mengalami pengembangan ke arah lebih baik, seperti masalah belajar dan beribadah, masalah tata tertib sekolah, dan lebih rajin dan memanfaatkan waktu luang untuk belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 07:48
Last Modified: 15 Feb 2016 07:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item