Nihayah, Sholihun (2024) KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) MENGGUNAKAN TERAPI ISTIGFAR UNTUK MENGURANGI ANXIETY AKIBAT STRICT PARENT PADA SISWA SMPN 08 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SHOLIHUN NIHAYAH.pdf Download (7MB) |
|
Text
SKRIPSI SHOLIHUN NIHAYAH.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Nihayah, Sholihun. 2023. Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Menggunakan Terapi Istigfar Untuk Mengurangi Anxiety Akibat Strict Parent Pada Siswa SMPN 08 Salatiga. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Salatiga. Pembimbing: Abi Fa’izzarahman Prabawa, M.Pd. Kata Kunci: Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Terapi Istigfar, Anxiety Akibat Strict Parent Tujuan dari penelitian ini yakni: 1) Mengetahui kondisi anxiety akibat strict parent pada siswa SMPN 8 Salatiga sebelum diberikan konseling cognitive behavioral therapy (CBT) menggunakan terapi istigfar; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan konseling cognitive behavioral therapy (CBT) menggunakan terapi istigfar; 3) Mengetahui kondisi anxiety akibat strict parent pada siswa SMPN 8 Salatiga sesudah diberikan konseling cognitive behavioral therapy (CBT) menggunakan terapi istigfar 4) Mengetahui perbedaan tingkat anxiety sebelum dan sesudah diberikan konseling cognitive behavioral therapy (CBT) menggunakan terapi istigfar. Jenis penelitian yakni kuantitatif pre eksperimental desaign dengan menggunakan one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 106 siswa dan sampel berjumlah 3 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria dalam pengambilan sampel yakni siswa yang memiliki kecemasan tinggi serta mereka yang beragama islam. Instrumen yang digunakan yakni skala anxiety dan teknik analisi data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat anxiety pada ketiga siswa kelas VIII SMPN 08 Salatiga memperoleh nilai pretest sama yakni 126 dengan klasifikasi sangat cemas; 2) Pelaksanaan konseling dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan yakni 1 pertemuan untuk assessment, 1 pertemuan goal setting, 2 pertemuan pengimplementasian teknik, dan 1 pertemuan untuk evaluasi. 3) Tingkat anxiety pada siswa kelas VIII SMPN 08 Salatiga memperoleh nilai posttest yakni 60, 65 dan 70 dengan klasifikasi cukup cemas. 4) Konseling cognitive behavioral therapy (CBT) menggunakan terapi istigfar efektif untuk menurunkan anxiety akibat strict parent hal ini dibuktikan dengan nilai sig. pada uji-t sebesar 0,002
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Mar 2024 21:24 |
Last Modified: | 17 Mar 2024 21:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19924 |
Actions (login required)
View Item |