PENGEMBANGAN APLIKASI T-MATH DALAM PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR

Asyary, Muhammad Luqman (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI T-MATH DALAM PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Muhammad Luqman Asy'ary_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Luqman Asy’ary, Pengembangan Aplikasi T-Math dalam Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, dan 2023. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kebutuhan Aplikasi T-Math dalam pembelajaran TGT materi bangun datar, 2) mengetahui tahapan pengembangan Aplikasi T-Math dalam pembelajaran TGT materi bangun datar, 3) mengetahui tingkat kelayakan Aplikasi T-Math dalam pembelajaran TGT materi bangun datar, 4) mengetahui efektivitas Aplikasi T-Math dalam pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar. Metode dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R & D) dengan desain penelitian yaitu model pengembangan dari model Borg and Gall. Tempat dalam penelitian ini adalah SDIT Ibnu Mas’ud. Subyek uji validasi ahli materi, ahli media dan ahli model pembelajaran adalah dosen UIN Salatiga, kemudian subyek uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar adalah siswa di SDIT Ibnu Mas’ud. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil kondisi nyata penggunaan media pembelajaran sebanyak 73% guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Hasil tingkat kebutuhan memperoleh 3,85 dengan kategori sangat butuh. 2) Tahapan pengembangan pada penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan Borg and Gall. 3) Aplikasi T-Math divalidasi oleh ahli materi medapatkan skor 46 dengan kriteria layak, ahli media mendapatkan skor 84 dengan kriteria sangat layak dan ahli model pembelajaran mendapatkan skor 12 dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil uji coba perorangan 2 siswa mendapat skor 28 dengan kriteria sangat layak, kelompok kecil 10 siswa mendapat skor 25,5 dengan kriteria sangat layak dan kelompok besar 25 siswa mendapat skor 28 dengan kreteria sangat layak digunakan dapat disimpulkan aplikasi T-Math sangat layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran matematika. 4) Rangkaian uji yang dilakukan dengan cara uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent t-test menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 maka dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran TGT berbantuan Aplikasi T-Math dengan model pembelajaran TGT konvensional dan uji efektivitas menggunakan uji n-gain menghasilkan uji n-gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata n-gain sebesar 72,4 dengan kategori cukup efektif dan kelas kontrol memperoleh rata-rata n-gain sebesar 52,2 dengan kategori kurang efektif. Sehingga dapat disimpulkan kelas yang menggunakan aplikasi T-Math lebih efektif meningkatkan hasil belajar matematika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan aplikasi T-Math. Kata Kunci: Aplikasi T-Math, Teams Games Tournament, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2024 21:31
Last Modified: 19 Mar 2024 21:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20017

Actions (login required)

View Item View Item