Annajmi, Hanin Salsabil Nur (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTES GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) MENGGUNAKAN MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF KELAS VIII SEMESTER I SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Hanin Salsabil Nur Annajmi (1).pdf Download (3MB) |
|
Text
Hanin Salsabil Nur Annajmi (1).pdf Download (3MB) |
|
Text
Hanin Salsabil Nur Annajmi (1).pdf Download (3MB) |
|
Text
Hanin Salsabil Nur Annajmi (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Annajmi, Hanin S N. 2024. Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Process Orientes Guided Inquiry Learning (POGIL) menggunakan media Teka Teki Silang (TTS) pada materi zat aditif dan adiktif kelas VII Semester I SMP Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Budiyono Saputro, S. Pd., M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik lebih baik pada materi zat aditif dan adiktif untuk kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun 2022-2023 dengan melakukan media teka-teki silang (TTS) berbasis POGIL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pembelajaran di kelas. PTK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilakukan dalam dua siklus. Studi ini melibatkan 25 siswa di kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi, siswa menggunakan media teka-teki silang berbasis POGIL. Hasil penelitian yang diperoleh, siswa di SMP Islam Sudirman Ambarawa kelas VII yang menggunakan teka-teki silang dengan model Process Oriented Guided Iquiry Learning (POGIL) dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik pada materi aktif dan pelengkap. Implikasi temuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran POGIL di dalam kegiatan pembelajaran dapat memberikan hasil belajar aspek pengetahuan yang lebih baik pada kelompok siswa eksperimen dan dapat meningkatkan interaksi kepada teman, guru, meningkatkan keaktifan siswa di kelas serta rasa ingin tahu. Hasil penilaian pembelajaran pada akhir kegiatan pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar. Diputuskan bahwa penelitian ini memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu KKM 70, dan ketuntasan kelas 72, pada siklus I. Pada siklus II, hasil akademik tercapai dengan rata-rata kelas 70,8 dan ketuntasan awal 72%, 23 siswa lulus dan 2 siswa gagal, dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 21,2%. Oleh karena itu, siklus berakhir dan penelitian berakhir dengan sukses. Kata Kunci : Zat Aditif dan Adiktif, Media Teka-Teki Silang, POGIL
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 17:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 17:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20043 |
Actions (login required)
View Item |