PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN KODULAR TERINTERGRASI QUIZIZZ MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Muna, Ika Nailil (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN KODULAR TERINTERGRASI QUIZIZZ MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI IKA NAILIL MUNA 23070190052.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI IKA NAILIL MUNA 23070190052.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI IKA NAILIL MUNA 23070190052.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI IKA NAILIL MUNA 23070190052.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI IKA NAILIL MUNA 23070190052.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI IKA NAILIL MUNA 23070190052.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis android berbantuan kodular terintegrasi dengan quizizz materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian diuji efektivitasnya pada peserta didik kelas VIII SMP menggunakan one group pretest posttest design. Pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, wawancara, angket penilaian ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik dan guru. Uji keefektifan menggunakan soal tes uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Analisis uji statistic menggunakan Uji Paired Sample T Test terhadap data yang sebelumnya sudah diuji normalitas menggunakan Uji Saphiro-Wilk dan uji homogenitas dengan Uji Levene Statistic. Uji kepraktisan media pembelajaran berbasis android menggunakan angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android berbantuan kodular terintegrasi quizizz materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP dengan hasil kevalidan media secara keseluruhan skor rata-rata sebesar 3,49 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keefektifan media pembelajaran terhadap hasil belajar mengalami perbedaan dan peningkatan rata-rata nilai dari pretest dan posttest dengan peningkatan sebesar 29,00, media pembelajaran efektif untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan media pembelajaran dengan rata-rata skor 3,58 dengan kategori sangat praktis. Sehingga produk media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 19:27
Last Modified: 20 Mar 2024 19:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item View Item