, Yulis Tiarawati (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING BERDASAR QS. FUSSILAT: 30 TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMAN 1 PELABUHANRATU DALAM MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yulis Tiarawati 23080190037afterrevisi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tiarawati, Yulis. 2023. Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Berdasarkan Qs. Fussilat: 30 Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMAN 1 Pelabuhanratu Dalam Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Qs. Fussilat Ayat 30, Kepercayaan Diri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pelabuhanratu dalam melanjutkan ke perguruan tinggi sebelum konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring berdasar QS. Fussilat: 30. 2) Menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pelabuhanratu dalam melanjutkan ke perguruan tinggi setelah konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring berdasar QS. Fussilat: 30. 3) Mengetahui hasil konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring berdasar QS. Fussilat: 30 terhadap kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pelabuhanratu dalam melanjutkan ke perguruan tinggi Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode pre-eksperimental dengan one group pretest and posttest design. Sumber data pada penelitian ini yaitu berupa dokumentasi dan hasil intrumen skala psikologis yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas XII SMAN 1 Pelabuhanratu yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 8 orang siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kepercayaan diri siswa tergolong sedang, hal ini dibuktikan dari hasil mean pada pretest 97.38. Setelah diberikan treatment berupa konseling kelompok teknik cognitive restructuring berdasar Qs. Fussilat ayat 30 hasil skor pada pretest menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi hal ini dibuktikan dengan hasil skor 113.25. Perbandingan rata-rata nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan setelah diberikan treatment. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test membuktikan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pelabuhanratu dalam melanjutkan ke perguruan tinggi setelah konseling kelompok teknik cognitive restructuring berdasar Qs. Fussilat: 30. Terdapat perbedaan disini artinya menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik cognitive restructuring berdasar Qs. Fussilat: 30 efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMAN 1 Pelabuhanratu dalam melanjutkan ke perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 19:15 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 19:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20081 |
Actions (login required)
View Item |