PUTRI, SAFINA FAUZIA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 01 SUSUKAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI SAFINA FAUZIA PUTRI 23010190184(1).pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SAFINA FAUZIA PUTRI 23010190184(1).pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SAFINA FAUZIA PUTRI 23010190184(1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Safina Fauzia. 2023. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa SMA Negeri 01 Susukan Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Lingkungan Sekolah, Sikap Toleransi Beragama Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan sikap toleransi beragama siswa di SMA N 01 Susukan tahun ajaran 2023/ 2024. Mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan sikap toleransi beragama siswa di SMA N 01 Susukan tahun ajaran 2023/ 2024. Mengetahui pengaruh pelajaran pendidikan agama Islam dan lingkungan sekolah terhadap pembentukan sikap toleransi beragama di SMA N tahun ajaran 2023/ 2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena teknik dan prosedur yang digunakan dalam proses pengumpulan data penelitian berupa angka dan hasilnya dianalisis dengan teknik statistik menggunakan alat bantu olah statistik SPSS. Menurut (Sujarweni, 2015) kuantitatif merupakan suatu jenis penelitian yang nantinya akan mendapatkan sebuah hasil temuan dengan melalui uji statistic maupun dengan berbagai cara lain dari kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket, yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada responde untuk dijawabnya. Melalui pengisia dalam google form dan menggunakan motode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Lingkungan Sekolah secara simultan menghasilkan nilai fhitung sebesar 6.132 dengan nilai ftabel 3,089 sehingga fhitung > ftabel atau 6.132 > 3,089, dan tingkat signifikan 0,003 < 0,05 maka H3 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pembelajaran pendidikan agama Islam (X1) dan variabel lingkungan sekolah (X2) secara bersama berpengaruh terhadap variabel sikap toleransi beragama (Y). Nilai koefisien determinasi terdapat pada Adjusted R Square sebesar 0,112. Hal ini berarti berpengaruh yang diberikan variabel independen secara simultan terhadap variabel terikat adalah sebesar 11,2% sisannya 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 20:41 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 20:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20090 |
Actions (login required)
View Item |