PEMBINAAN KEGIATAN KEROHANIAN DAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

ainiyah, Khusnul (2024) PEMBINAAN KEGIATAN KEROHANIAN DAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHUSNUL AINIYAH SKRIPSI pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KHUSNUL AINIYAH SKRIPSI pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainiyah, Khusnul, 2023. Pembinaan Kegiatan Keohanian dan Interaksi Sosial Pada Siswa SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M.Pd.Kata Kunci: Pembinaan, Kegiatan Kerohanian, Interaksi Sosial.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan kegiatan kerohanian dan interaksi sosial siswa SMP Negeri 1 Pabelan, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat terkait penerapan pembinaan kegiatan kerohanian dan interaksi sosial SMP Negeri 1 Pabelan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dengan pengumpulan data primer dan sekunder dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisiskan dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan traigulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu. Adapun sumber utama dalam penelitian ini yaitu Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru PAI BP dan Siswa.Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa: Pertama, pembinaan kegiatan kerohanian pada siswa SMP Negeri 1 Pabelan dilakukan dengan tiga bentuk kegiatan kerohanian yaitu pembinaan, kegiatan, pembelajaran. Kedua, pembinaan interaksi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Pabelan dilakukan dengan tiga bentuk interaksi sosial yaitu pembiasaan 5S (sapa, salam, senyum, santun, sopan), gotong royong, bakti sosial. Ketiga, faktor pendukung kegiatan kerohanian yaitu dukungan dan dorongan dari kepala sekolah dan guru, antuasias dari siswa, sarana prasarana yang menunjang. Faktor pendukung interaksi sosial adanya dukungan dan pengakuan dari berbagai pihak disekolah kepala sekolah, guru, karyawan dan staff, Keempat, faktor penghambat pembinaan kegiatan kerohanian yaitu latar belakang keagamaan dikeluarga sangat rendah, Sedangkan faktor penghambat interaksi sosial yaitu siswa menutup diri karena pendiam. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembinaan kegiatan kerohanian dan interaksi sosial pada siswa SMP Negeri 1 Pabelan dilakukan melalui pembiasaan kegiatan yang telah menjadi rutinitas siswa tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 17:47
Last Modified: 22 Mar 2024 17:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20118

Actions (login required)

View Item View Item