PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PULUTAN

yusarifa, Zuhrifatul sofiana (2024) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PULUTAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ZUHRIFATUL SOFIANA YUSARIFA - 23040190081.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan True Experimental Design yang bentuk macam nya adalah Posttest Only Control Design. Sampel penelitian di ambil dua kelas dari kelas parallel yaitu kelas III-C dan kelas III-A yang berjumlah masing – masing 25 siswa, dengan kelas III-C sebagai kelas Eksperimen dan kelas III-A sebagai kelas Kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan menggunakan Uji Mann Whitney yang dikarenakan hasil Uji Normalitas tidak normal dan hasil Uji Homogenitas tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,023 < 0,05. Artinya penggunaan video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini di perkuat dengan nilai rata – rata kelas Posttest Kontrol sebesar 76 dan nilai rata – rata kelas Posttest Eksperimen sebesar 85,2 sehingga diartikan mengalami kenaikan sebesar 9,2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2024 18:03
Last Modified: 22 Mar 2024 18:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item