Yuliani, Tri Agus (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Animation dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Tata Surya terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tri Agus Yuliani 23060190092 - Revisi.pdf Download (4MB) |
|
Text
Tri Agus Yuliani 23060190092 - Revisi.pdf Download (4MB) |
|
Text
Tri Agus Yuliani 23060190092 - Revisi.pdf Download (4MB) |
|
Text
Tri Agus Yuliani 23060190092 - Revisi.pdf Download (4MB) |
|
Text
Tri Agus Yuliani 23060190092 - Revisi.pdf Download (4MB) |
|
Text
Tri Agus Yuliani 23060190092 - Revisi-2.pdf Download (4MB) |
Abstract
Yuliani, Tri Agus. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Animation Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Flipbook Animation, Problem Based Learning (PBL), Sistem Tata Surya, Keaktifan Siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipbook Animation dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem tata surya terhadap Tingkat keaktifan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan tergolong penelitian kuasi eksperimen atau semi eksperimen. Dua kelas sampel digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini yakni kelas VII A yang berjumlah 13 siswa dan digunakan sebagai kelas kontrol, dan kelas VII B yang juga berjumlah 13 siswa dan digunakan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian antara lain posttest, hasil observasi siswa, dokumentasi, angket, dan perangkat pembelajaran digunakan untuk mengumpulkan sumber data. Uji Independent Sample T-Test akan digunakan sebagai uji beda dan Uji Effect Size sebagai uji pengaruh dalam analisis data. Hasil penelitian berdasarkan instrument tes ]menunjukkan bahwa Independent Sample T-Test diperoleh hasil sig (2 tailed) sebesar 0,341 > 0,05. Artinya dalam pengujian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai keaktifan peserta didik secara kognitif/mental. Sedangkan hasil perhitunngan yang diperoleh nilai dari uji effect size adalah 0,381 yang artinya penelitian ini memiliki pengaruh yang sedang dalam ranah mental. Kemudian jika dilihat berdasarkan survei dan pengamatan, maka kelas eksperimen memiliki keunggulan dalam ranah emosional dan fisik dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 15:22 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 15:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20152 |
Actions (login required)
View Item |