IMPLEMENTASI UKHUWAH ISLAMIYAH DAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN UNESCO PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MADANI GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2023

Taqniyah, Irma Fauzati (2024) IMPLEMENTASI UKHUWAH ISLAMIYAH DAN EMPAT PILAR PENDIDIKAN UNESCO PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL MADANI GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAPKU FIKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi ukhuwah islamiyah dan empat pilar pendidikanUNESCO pada santri pondok pesantren Al Madani Gunungpati KotaSemarang serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat terkait dengan penerapan ukhuwah islamiyah dan empat pilar pendidikan UNESCO pada santri pondok pesantren Al Madani Gunungpati Kota Semarang Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan penulis menggunakan sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan ukhuwah islamiyah pada santri pondok pesantren Al Madani Gunungpati dapat terlihat dalam kegiatan keseharian santri yang selalu bersama-sama saling menjaga, saling menolong, dan saling menghargai dengan cara menjunjung tinggi toleransi. Kedua, penerapan empat pilar pendidikanUNESCO pada santri pondok pesantren Al Madani Gunungpati dapat terlihat dari banyaknya kegiatan yang ada dipesantren baik aktifitas sehari-hari seperti mengaji dan belajar di sekolah, kegiatan mingguan ekstrakulikuler dan les, kegiatan bulanan mujahadah istighosah, hingga kegiatan tahunan seperti memperingati hari-hari besar Islam dan haflah akhirusanah. Selain itu penerapan empat pilar pendidikan UNESCO juga dilakukan melalui pembiasaan diri dengan kegiatan-kegiatan wajib yang telah terjadwalkan seperti jamaah wajib,dan puasa wajib Senin dan Kamis. Adapun faktor yang menghambat penerapan ukhuwah islamiyah dan empat pilar pendidikan UNESCO diantaranya adalah: adanya tradisi dan budaya tertentu, kurangnya sumber daya manusia, resistensi terhadap perubahan, kurikulum yang terfokus pada agama, perbedaan interpretasi agama, kurangnya pemantauan dan evaluasi. Sedangkan faktor yang mendukung penerapan ukhuwah islamiyah dan empat pilar pendidikan UNESCO di pondok pesantren Al Madani Gunungpati Kota Semarang adalah: pemahaman yang mendalam tentang nilai agama, kualitas pengajar yang memadai, kurikulum yang terpadu, motivasi dan niat dalam diri sendiri, restu kedua orangtua, pengaruh teman juga lingkungan, dan fasilitas-fasilitas yang mendukung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2024 18:52
Last Modified: 25 Mar 2024 18:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20176

Actions (login required)

View Item View Item