STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM NYATA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 05 MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

INDRIANA, NOVI SURYA (2024) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM NYATA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 05 MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NOVI SURYA INDRIANA 23060190082.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan hasil belajar antara kelas yang menggunakan laboratorium virtual dan laboratorium nyata melalui pendekatan saintifik materi getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 5 Magelang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain Non equivalent Control Group Design. Seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Magelang adalah populasi yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik Purposive Sampling digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini, dan terpilih untuk kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dan untuk kelas kontrol yaitu kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang telah diuji melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Data diperoleh dari hasil pretest-posttest soal, yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Sampel T-Test menggunakan SPSS 29.0. Instrumen non-tes berupa angket dan lembar observasi digunakan untuk mengamati respon peserta didik setelah proses pembelajaran menggunakan laboratorium virtual dan laboratorium nyata melalui pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 74,24 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 80,04 yang artinya rata-rata kelas eksperimen < kelas kontrol (74,24 < 80,04). Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai thitung (1,879) < ttabel (2,004) dengan nilai signifikansi (0,066 > 0,05) yang artinya H_o diterima dan H_a ditolak. Keputusan tersebut membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan laboratorium virtual dan laboratorium nyata melalui pendekatan saintifik materi getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Magelang tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 22:37
Last Modified: 27 Mar 2024 22:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item