, Ariska Aini Afifah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MEMBERDAYAKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII A MTs UNGGULAN NURUL QUR'AN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ariska Aini A_055_SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Afifah, Ariska, Aini. 2023. Penerapan Model Pembelajaran JAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Bagi Peserta Didik Kelas VII A MTs Unggulan Nurul Qur’an Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sikap Peduli Lingkungan; Jelajah Alam Sekitar (JAS) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup melalui penerapan model JAS pada peserta didik kelas VII A MTs Unggulan Nurul Qur’an Tahun pelajaran 2023/2024; dan memberdayakan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas VII A MTs Unggulan Nurul Qur’an dengan model JAS Tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 31 peserta didik dengan keseluruhan peserta didik putri. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Intsrumen penelitian adalah lembar soal, lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Penelitian ini bisa dikatakan berhasil jika peserta didik mencapai ketuntasan belajar klasikal ≥85% dengan ketuntasan hasil belajar individu mencapai KKM yaitu ≥70. Model pembelajaran JAS dapat meningkatkan hasil belajar dan memberdayakan sikap peduli lingkungan pada peserta didik kelas VII A MTs Unggulan Nurul Qur’an materi klasifikasi makhluk hidup dapat dilihat dari nilai post test yang ditujukan pada siklus I dengan rata-rata nilai 67,48 dengan persentase ketuntasan 45% dan persentase belum tuntas 55%. Pada siklus II meningkat dengan rata-rata nilai 76,65 dengan pesertase ketuntasan 87% dan persentase belum tuntas 30%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru untuk memperbarui pembelajaran dan hasil belajar yang telah dicapai. Penelitian berhenti pada Siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan belajar peserta didik yang ditentukan sebesar sebesar ≥85% dari seluruh indikator keberhasilan belajar peserta didik satu kelas dengan KKM yang ditentukan sekolah sebesar 70.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 05:32 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 05:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20348 |
Actions (login required)
View Item |