ANALISIS IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD IT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Ariyanti, Nur Salma (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SD IT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR SALMA ARIYANTI 23040190141 (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
NUR SALMA ARIYANTI 23040190141 (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
NUR SALMA ARIYANTI 23040190141 (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan implementasi program Gerakan Literasi Sekolah di SD IT Nurul Islam Tengaran, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung Gerakan Literasi Sekolah di SD IT Nurul Islam Tengaran. 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pada implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD IT Nurul Islam Tengaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, Ketua Pengurus Gerakan Literasi Sekolah, dan guru kelas VI. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) di SDIT Nurul Islam Tengaran diterapkan pada pembelajaran berdasarkan kegiatan baca-tulis yang dikembangkan menjadi berpikir kritis dan menalar. Kegiatan-kegiatan literasi dalam pembelajaran tersebut antara lain: pembiasaan berliterasi yang diterapkan oleh guru, kegiatan mengamati suatu teks bacaan dan menyimak penjelasan guru, kegiatan bertanya akan sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran, kegiatan menuliskan atau membuat suatu karya seperti contoh puisi, pantun maupun cerpen. 2) faktor-faktor pendukung dari implementasi gerakan literasi sekolah diantaranya: sarana prasarana yang menunjang, guru yang berkompeten dalam berliterasi, pembiasaan yang menunjang berliterasi, kondisi kelas yang kondusif. 3) Faktor- faktor penghambatnya, ialah: Minat dan motivasi belajar siswa yang kurang, keadaan atau suasana kelas yang kurang kondusif, kemampuan membaca dan menulis siswa yang kurang, guru yang belum begitu maksimal dalam mengimplementasikan gerakan literasi sekolah. 4) Sedangkan solusi untuk mengatasi hambatan dalam implementasi gerakan literasi sekolah di SDIT Nurul Islam Tengaran, yaitu: Pengalangan dana untuk meningkatkan sarana literasi, melakukan studi banding, mencari dan mengunakan strategi yang menarik dalam implementasi gerakan literasi sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2024 20:59
Last Modified: 01 Apr 2024 20:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20374

Actions (login required)

View Item View Item