Virdiani, Dzalika (2024) STRATEGI MEMBANGUN MINAT DAN KEPERCAYAAN CALON JAMAAH DALAM PENGGUNAAN JASA HAJI UMRAH DI KBIH YASIN SRAGEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi_DzalikaVirdiani-43020170044_MD.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi_DzalikaVirdiani-43020170044_MD.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi_DzalikaVirdiani-43020170044_MD.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi membangun minat dan kepercayaan calon jamaah dalam penggunaan jasa haji dan umroh di KBIH Yasin Sragen. Pertanyaan umum yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : 1. Untuk menjelaskan strategi membangun minat calon jamaah dan kepercayaan jamaah dalam penggunaan jasa haji umrah di KBIH Yasin. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi keunggulan bersaing di KBIH Yasin Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus sumber data diperoleh melalui Pimpinan, dan Jamaah KBIH Yasin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah KBIH Yasin. Objek penelitiannya strategi membangun minat calon jamaah dan kepercayaan jamaah. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan klarifikasi data, penyaringan data dan penyimpulan. Hasil data peneliti menunjukkan bahwa pertama, Pimpinan KBIH Yasin Sragen dalam menentukan strategi membangun minat dan kepercayaan calon jamaah, yaitu dengan menerapkan diferensi pelayanan dalam memberikan pelayanan program bimbingan haji dan umrah baik di tanah air maupun di tanah suci. Kedua, Faktor pendukung strategi membangun minat dan kepercayaan calon jamaah KBIH Yasin Sragen antara lain mendapat kepercayaan masyarakat dan timbul rasa kekeluargaan yang erat dengan alumni jamaah, lokasi strategis dikarenakan dekat dengan jalan perkotaan, memiliki pemimpin yang kharismatik dan kepedulian yang tinggi terhadap jamaah maupun alumni jamaah. serta memiliki pembimbing dan pendamping yang berkompeten dan mempunyai citra yang baik. Ketiga, faktor penghambatnya antara lain adalah tidak menggunakan atau mengaplikasikan media promosi dalam membangun minat calon jamaah dan kurang memaksimalkan tenaga marketing, hal ini diakibatkan pemimpin tidak ingin memberi kesan kepada calon jamaah seperti memaksa jamaah yang telah mendaftar di KBIH lain untuk bergabung di bimbingan beliau.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 21:03 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 21:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20455 |
Actions (login required)
View Item |