Widarti, (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBANTUAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 3 MIN 3 SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
REVISI TESIS PASCA SIDANG 26 maret 2024 fix.pdf Download (2MB) |
|
Text
TESIS WIDARI FIX.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Widarti 2024. Pengembangan E-Book Berbantuan Video Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas 3 MIN 3 Semarang, Tesis. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslihatul Umami, M.A Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book berbantuan video pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 MIN 3 Semarang melalui analisis kebutuhan, menguji kevalidan, serta mengetahui efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar membaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas 3 sejumlah 3 orang dan seluruh siswa kelas 3 MIN Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur untuk menggali data terkait analisis kebutuhan, angket digunakan untuk mengetahui menguji kelayakan dan kevalidan media, dan tes untuk melihat hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil yang diperoleh dari segi kelayakan ahli materi memperoleh skor pada aspek kelayakan materi 3,8 dan aspek tampilan 3,2. Sementara validasi media dengan skor pada aspek penyajian video 3,5, aspek prosedur pengembangan media pembelajaran dan pembuatan naskah 3,5, dan aspek kemanfaatan 3,5 dengan kategori sangat baik. Hasil uji peningkatan hasil pre test dan post test dengan Uji t ( t test) menunjukkan bahwa pengembangan E-Book berbantuan video dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas III pada pembelajaran tematik. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,51. Termasuk dalam kriteria sedang yang masuk pada kategori cukup efektif. Kebaharuan penelitian ini adalah pengembangan E-Book yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa (visual, audiotori, visual) guna meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas III SD/MI. Kontribusi hasil penelitian ialah menambah media sesuai dengan kebutuhan sehingga hasil belajar membaca siswa meningkat. Implikasi hasil penelitian sebagai masukan bagi guru untuk mengembangkan media yang lebih menarik dan sesuai kebutuhan siswa. Kata Kunci: E-Book Berbantuan Video, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Membaca
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 18:03 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 18:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20496 |
Actions (login required)
View Item |