Listiyani, Duwi (2024) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY KELOMPOK B DI RA TEGARON 01 KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI DUWI FULL SUDAH UJIAN (2).pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI DUWI FULL SUDAH UJIAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI DUWI FULL SUDAH UJIAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan konsep sains melalui penerapan model pembelajaran Guided Discovery pada anak kelompok B di RA Tegaron 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian dengan Tindakan yang dilakukan di kelas. Sumber data dalam penelitian ini observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan bahwa mengunakan model Guided Discovery dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B di RA Tegaron 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siklus I dari 17 siswa dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 3 anak dengan prosentase 17,64 %, siswa dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 5 anak atau 29, 41% siswa kategori Mulai Muncul (MM) 3 atau 17,64% dan siswa Belum Muncul (BM) sebanyak 6 anak atau 35,29%. Sedangkan peningkatan di siklus II dari 17 siswa dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 9 anak dengan prosentase 52,95 %, siswa dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 8 anak atau 47,05 % siswa, sedangkan kategori Mulai Muncul (MM) dan siswa Belum Muncul (BM) sudah tidak ada
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 May 2024 21:03 |
Last Modified: | 14 May 2024 21:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20513 |
Actions (login required)
View Item |